3 Cara Mengatasi Facebook Telah Terhenti

3 Cara Mengatasi Facebook Telah Terhenti – Platform media sosial Facebook kini menjadi primadona di kalangan pengguna, melibatkan beragam kalangan seperti anak muda, orang tua, pebisnis online, hingga kalangan artis dan pejabat sebagai sarana berbagi dan berkomunikasi. Namun, belakangan ini, marak keluhan terkait aplikasi Facebook di perangkat Android yang sering mengalami masalah, terutama munculnya pesan kesalahan ‘Sayangnya, Facebook telah berhenti.’

Sebagai pengguna aktif Facebook, tentunya Anda akan merasa penasaran dan bertanya-tanya, mengapa aplikasi Facebook seringkali mengalami error? Setiap masalah pasti memiliki penyebabnya, dan untuk itu, penting bagi Anda untuk menyelidiki akar permasalahannya.

Pada umumnya, kendala pada aplikasi Facebook yang mengalami error atau muncul pesan kesalahan disebabkan oleh RAM Android yang terlalu terbebani. Ini terjadi ketika RAM Android penuh dan tidak mampu menanggung beban aplikasi Facebook, sehingga membuatnya tertutup secara otomatis. Kejadian semacam ini umumnya dialami oleh smartphone Android dengan RAM di bawah 1 GB.

Namun, bagaimana jika RAM Android Anda sudah cukup besar? Terkadang, masalah serupa dapat terjadi, dan penyebabnya mungkin berasal dari pengguna Android itu sendiri. Kemungkinan besar, Anda jarang menghapus file cache dan riwayat pencarian Facebook, yang membuat Android terasa lambat dan akhirnya aplikasi Facebook memberikan peringatan dalam bentuk pesan kesalahan. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

Cara Mengatassi Facebook Telah Terhenti

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut:

1. Bersihkan Cache Android

Untuk mencegah terjadinya kesalahan pada aplikasi Facebook atau aplikasi lainnya, gunakan aplikasi Clean Master untuk menghapus file cache dengan mudah dan cepat. Lakukan pembersihan file cache secara berkala, minimal satu kali sehari.

  • Akses menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Temukan “Facebook” » Lalu ketuk “Hapus Cache”.

2. Hapus Data Aplikasi Facebook

Menghapus data aplikasi berarti menghilangkan cache aplikasi, riwayat pencarian, dan menghapus semua konfigurasi dari aplikasi itu sendiri. Untuk caranya, pertama masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » lalu cari aplikasi Facebook yang Anda gunakan. Pilih “Paksa berhenti” dan “Hapus data”.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Temukan “Facebook” » Lalu ketuk “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Baca Juga: Cara Membuka Akun Facebook Lama yang Lupa Kata Sandi

3. Instal Ulang Aplikasi Facebook

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu menghapus aplikasi Facebook dan menginstal versi terbaru melalui Google Play Store.

  • Akses menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Temukan “Facebook” » Lalu ketuk “Hapus Instalasi”.

Dengan mengikuti tiga langkah tersebut, aplikasi Facebook Anda diharapkan dapat kembali berjalan dengan lancar. Coba untuk membuka dan login kembali, semoga tidak ada pesan kesalahan yang muncul. Metode di atas dapat diterapkan pada berbagai perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, Anda hanya perlu menyesuaikannya.

Penutup

Demikian rangkuman singkat dari saya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar aplikasi Android, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!