Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti di HP Xioami, Simak Disini!

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti di HP Xiaomi – Google Play adalah salah satu komponen kunci pada hp Android Anda, termasuk HP Xiaomi. Berbagai aplikasi memerlukan fungsi Google Play untuk berjalan dengan baik. Sayangnya, beberapa pengguna Xiaomi mungkin mengalami masalah yang umumnya muncul dalam bentuk pesan notifikasi yang mengganggu: “Sayangnya Layanan Google Play Telah Terhenti.”

Pesan ini muncul ketika terjadi masalah pada fitur Layanan Google Play di hp Xiaomi Anda, dan intensitasnya dapat bervariasi. Beberapa pengguna melihat notifikasi ini secara berulang, sementara yang lain mengalaminya lebih jarang. Penyebab masalah ini biasanya terkait dengan masalah sistem, termasuk pengaturan pribadi atau bug MIUI.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti di HP Xioami

Jika Anda mengalami masalah ini, berikut beberapa solusi yang dapat Anda coba:

1. Hapus Data Layanan Google Play

Menghapus data Layanan Google Play dapat membantu memperbaiki masalah ini. Untuk hp Xiaomi, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Setelan di HP Xiaomi Anda.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Geser layar ke bawah untuk menemukan Aplikasi Layanan Google Play.
  • Ketuk “Penyimpanan.”
  • Kemudian ketuk “Hapus Data.”

Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai. Setelah itu, direkomendasikan untuk merestart HP Xiaomi Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layanan Google Terus Terhenti di HP Samsung

2. Perbarui Layanan Google Play

Anda juga dapat mencoba memperbarui komponen Layanan Google Play. Meskipun biasanya pembaruan berjalan otomatis, pengaturannya mungkin telah berubah menjadi manual. Untuk memeriksa pembaruan, buka Play Store dan cari “Google Play Services.” Jika ada versi terbaru, cukup ketuk tombol “Update.”

3. Perbarui MIUI ke Versi Terbaru

Sangat disarankan untuk selalu memperbarui MIUI ke versi terbaru. Ini tidak hanya akan memperbarui sistem dan versi MIUI, tetapi juga komponen sistem dan aplikasi bawaan. Selain itu, Anda akan mendapatkan perbaikan bug yang membuat HP Anda lebih stabil.

Langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan di hp Xiaomi Anda.
  • Selanjutnya pilih “Tentang Telepon” di bagian atas menu.
  • Pilih “Pembaruan Sistem.”
  • Tunggu proses pemeriksaan, dan jika ada pembaruan tersedia, ketuk “Unduh Pembaruan.”

Pastikan Anda telah memiliki koneksi internet yang stabil selama proses pembaruan berlangsung. Jika Anda menggunakan kuota data, pastikan bahwa kuota mencukupi.

Penting untuk diingat, jika pembaruan gagal, ini dapat menyebabkan masalah lain, seperti bootloop atau kerusakan sistem lebih lanjut.

4. Reset HP Xiaomi Anda

Jika Anda terus melihat pesan “Google Play services has stopped” meskipun telah mencoba solusi di atas, Anda mungkin perlu melakukan reset pabrik. Reset ini akan mengembalikan hp Xiaomi Anda ke pengaturan awal, dan biasanya akan menghilangkan masalah yang sering muncul.

Langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan Xiaomi.
  • Masuk ke “Setelan Tambahan.”
  • Pilih “Cadangkan dan Setel Ulang.”
  • Ketuk “Reset ke Setelan Pabrik.”
  • Ikuti petunjuk untuk memulai proses reset.

Setelah proses selesai, HP Xiaomi Anda akan restart otomatis, dan Anda akan dihadapkan pada tampilan layar awal. Anda perlu mengatur kembali semua pengaturan, termasuk akun Google dan akun MI.

Penutup

Semoga salah satu dari solusi di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah “Sayangnya Layanan Google Play Telah Terhenti” pada hp Xiaomi Anda. Banyak pengguna yang telah berhasil mengatasi masalah ini menggunakan solusi-solusi tersebut. Semoga berhasil!

Leave a Comment